Senin, 02 Februari 2009

Capaian Program Penguatan Kelembagaan 2008

Program penguatan kelembagaan sumberdaya air dan irigasi sampai tahun 2008 yang dilaksanakan di 13 provinsi dan 78 kabupaten telah menghasilkan beberapa capaian antara lain adalah terbentuknya Perda Irigasi di tingkat provinsi sebanyak 1 dokumen dan tingkat kabupaten sebanyak 15 dokumen. Selain itu juga sudah dibentuk komisi irigasi sebagai wadah koordinasi pengelolaan irigasi di daerah sebanyak 6 di tingkat provinsi dan sebanyak 43 di tingkat kabupaten. Berdasarkan capaian tersebut secara umum masih relatif lebih rendah dari target yang direncanakan. Oleh karena itu diperlukan akselerasi dan percepatan tanpa mengabaikan kualitas materinya untuk lebih baik pada tahun 2009 ini.
Pada aspek pemberdayaan masyarakat telah dibentuk dan dikembangkan organisasi P3A/GP3A/IP3A di sejumlah daerah irigasi lokasi program WISMP sampai tahun 2008 masing-masing sebanyak 5549 unit, 740 gabungan, dan 26 induk.
Untuk mempercepat capaian pemberdayaan juga telah dihadirkan program pendampingan melalui mobilisasi Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) dan Koordinator TPM (KTPM). Sampai tahun 2008 telah dihadirkan sebanyak 100 KTPM dan 615 TPM tersebar di 1180 Daerah Irigasi (DI) lokasi program WISMP.
Tanpa mengesampingkan beberapa temuan dari permasalahan program pendampingan, namun kehadiran KTPM/TPM dapat dan mampu mewarnai program pemberdayaan masyarakat di sektor pertanian dan irigasi secara positif. Pada beberapa lokasi ditemukan bahwa TPM/KTPM mampu memotivasi masyarakat untuk lebih berdaya baik dalam berorganisasi maupun secara teknik mengelola irigasi di wlayahnya (tersier) dan berkontribusi serta berpartisipasi pada tingkat sekunder. Pada tahun 2009 diharapkan kinerja KTPM/TPM dapat lebih meningkat lagi sesuai tuntutan dan kebutuhan masyarakat petani.
Secara umum peningkatan capaian program penguatan kelembagaan irigasi membutuhkan daya dukung dari daerah baik di tingat provinsi maupun kabupaten untuk lebih meningkatkan kinerjanya secara optimal (ddn/01/09).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar