Senin, 01 Maret 2010

WOTER WOMAN


Adanya keberlanjutan dan peningkatan kegiatan Wowum (Women Water User manajemen). Wowum yang berarti Peran Wanita dalam Penggunaan Air, bermula dari peran perempuan dalam bidang pengelolaan air irigasi yang digunakan untuk mengairi areal sawah. Pada tahun 1990, P3A Tirta Rahayu Desa Karang Sari Kecamatan Belitang III termasuk dalam program pembinaan penguatan kelembagaan yang dilakukan oleh PTGA (Proyek Tata Guna Air ). Dalam kegiatan tersebut salah satunya adalah kegiatan yang mana perempuan terlibat secara langsung dalam kengelolaan air, terutama air yang digunakan untuk mengairi areal sawahnya. Perempuan yang terlibat langsung / mengerjakan sendiri untuk mengairi sawahnya biasanya mereka para perempuan yang sudah janda. Begitulah asal mula WOWUM diadakan.

Dengan beranggotakan 20 orang yang 50 persennya berstatus janda, melalui Projek PTGA anggota WOWUM diberi pelatihan selama 2 minggu dan silakukan 2 kali. Dalam pelaktihan tersebut di bahas mulai dari apa itu irigasi, cara pengelolaan air ke persawahan, dan lain-lain sehingga anggota mengerti apa yang harus dikerjakan untuk membantu pengelolaan irigasi agar berjalan dengan baik. Kegiatan ini dilakukan bersama-sama dengan P3A sehingga dengan demikian lebih jelas bagaimana cara para perempuan untuk melakukan kegiatan pengelolaan air.

Pada tahun 1991 Propinsi Sumatera Selatan memberikan bantuan modal sebesar Rp. 1.000.000,- Modal yang digunakan untuk usaha dan sepakat modal tersebut digunakan untuk usaha Simpan Pinjam ( SP ). Untuk menambah modal usaha maka dalam AD/ART ditetapkan anggoya membayar Simpanan Pokok Rp. 5.000,- dan Simpanan Wajib sebesar Rp. 500,-. Setelah berjalan beberapa tahun maka simpan pinjam tersebut berkembang cukup bagus, dan pada akhir tahun 2008 disepakati bagi anggota baru diharuskan membayar Simpanan Pokok sebesar Rp. 20.000,- dan Simpanan Wajib sebesar Rp. 5.000,- perbulan.

Dengan adanya program WISMP kegiatan Wowum ini terus meningkat dan terealisasinya kegiatan pertemuan sebulan sekali tiap tanggal 12 dan pada akhir Desember 2008 terkumpul modal sebesar Rp. 27.332.000,- yang terdiri dari Simpanan Anggota, Modal bantuan dari WOWUM, Titipan P3A dan saat ini jumlah anggota Wowum telah mencapai 74 orang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar